Tempat Wisata Terpopuler Yang Ada di Banda Aceh

Banda Aceh merupakan salah satu provinsi yang ada di Sumatera. Masih ingat betul akan musibah Tsunami di tahun 2004 yang memporak-porandakan Aceh. Sebagian tempat wisata pun mengalami kerusakan. Namun kini Aceh kembali bangkit untuk melakukan penataan terhadap tempat pariwisata di sana. Ada berbagai tempat wisata menarik di Aceh, dari wisata Pantai hingga Pegunungan. Tentu anda ingin tahu apa saja tempat wisata di Aceh, simak informasi berikut:

Tempat Wisata Terpopuler Yang Ada di Banda Aceh

1. Masjid Raya Baiturrahman
Masjid yang dibangun pada tahun 1612 oleh Sultan Iskandar Muda, kini menjadi ikon bagi Aceh. Sebagian besar bangunan masjid berwarna putih dengan kubah besar yang berwarna hitam dan terdapat 7 menara yang mengelilingi kubah. Pancuran Air serta kolam besar di area depan masjid akan mengingatkan kita pada Taj Mahal. Karena keindahan dan kemegahannya, Masjid ini masuk ke dalam daftar 100 Masjid paling indah yang ada di dunia oleh Situs Huffington Post. Bahkan masjid ini pernah disebut sebagai salah satu dari 10 masjid paling indah di dunia oleh Yahoo.

2. Pantai Lampuuk
Aceh juga memiliki banyak wisata pantai dengan keindahan luar biasa. Salah satu yang menjadi favorit bagi pengunjung adalah Pantai Lampuuk. Pantai ini memiliki keindahan layaknya Pantai Kuta di Bali, memiliki garis pantai hingga 5 km membentang dari selatan ke utara. Pantai Lampuuk berpasir putih lembut dan di ujung pantai terdapat tebing karang. Selain berjemur, anda juga bisa berenang berselancar juga bermain banana boat Dan yang paling menarik lagi, anda bisa menyaksikan pelestarian penyu di tempat wisata di Aceh ini.

3. Pantai Lhoknga
Untuk sampai ke pantai ini, anda akan menempuh jarak 20 km dari Banda Aceh, dan lokasinya dekat Pantai Lampuuk. Pasir pantainya luas, anda bisa bermain voli atau memilih untuk rileks dengan bersantai di bawah rindangnya pepohonan. Atau anda ingin berselancar? Pilihan yang tepat karena Pantai Loknga mempunyai ketinggian ombak 1,5-2 meter yang cocok untuk berselancar. Jangan sampai anda lewatkan pula keindahan alam yang cantik pada sore hari, terbenamnya matahari.

4. Kuala Merisi
Berlari-larian menyusuri pantai yang panjang dengan deru ombak kecil yang menenangkan dan suasana yang tenang juga sepi, membuat pantai ini serasa milik sendiri. Atau anda juga bisa memilih duduk rileks menikmati hembusan angin laut sembari memandangi kuasa Tuhan yang menakjubkan di Pantai ini. Tempat wisata di Aceh ini berada di Desa Ketapang, Kecamatan Krueng Sabee.

5. Museum Tsunami
Mesuem Tsunami dibangun untuk mengenang musibah Tsunami. Di tempat ini, ingatan anda akan dibawa ke tahun 2004 saat Tsunami terjadi dengan suara gemuruh ombak, dan kucuran air di lorong panjang yang terdapat di museum. Terdapat juga berbagai benda sisa bencana seperti sepeda milik salah satu korban. Selain itu, ada juga foto korban meninggal serta kesaksian korban yang selamat dan alat stimulasi gempa bumi.

Selamat berkunjung ke tempat wisata di Aceh.