Daftar Tempat Wisata Menarik di Tuban Jawa Timur

Di Jawa Timur terdapat sebuah kabupaten bernama Tuban yang memiliki obyek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Tempat wisata di Tuban termasuk beragam, mulai dari wisata alam hingga wisata religi. Bagi anda yang mempunyai rencana kesana, rugi rasanya jika tidak menyempatkan untuk berwisata. Bagi anda yang suka dengan suasana menenangkan dan santai ala pantai, di Tubah menyediakan beberapa pilihan wisata laut. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa tempat wisata di Tuban yang bisa anda kunjungi:

Daftar Tempat Wisata Menarik di Tuban Jawa Timur

1. Pantai Sowan
Pantai Sowan merupakan pantai berpasir putih yang terletak di tepi Jln. Pantura, sekitar 40 km dari pusat kota. Sesuai dengan namanya, pantai ini terletak di Dusun Sowan, Desa Bogorejo. Anda hanya dikenakan tiket masuk sebesar Rp 3.000/orang. Di tempat ini anda akan dimanjakan dengan deretan pepohonan hijau seperti waru, randu, akasia dan plampis disekitaran pantai. Anda juga akan diperlihatkan berbagai burung yang berhabitat di tempat ini, seperti kutilang, perkutut, cendet, jalak. Jangan khawatir, tempat ini menyediakan mushola, kamar mandi, warung dan penginapan.

2. Air Terjun Nglirip

Obyek wisata air terjun yang terdapat di Desa Mulyoagung, Kec. Singgahan ini dikenal juga dengan nama Grajagan Nglirip. Ketinggian air terjunnnya mencapai 30 meter dan lebarnya sekitar 28 meter, dibaliknya terdapat goa cukup besar. Tempat wisata di Tuban ini cukup mudah dijangkau karena dekat jalan utama.

3. Masjid Agung Tuban & Museum Kambang Putih
Masjid ini cukup menarik para wisatawan karena arsiteksturnya bernuansa Eropa. Masjid ini terbilang bersejarah, didirikan pada tahun 1894 oleh Arsitek Belanda, bernama H.M Toxopues. Tidak heran jika sebagian arsiteksturnya bernuansa Eropa. Masjid ini memiliki 3 tingkat dan 6 buah menara, memiliki luas lahan sekitar 5.246 m2 dengan luas bangunannya 3.565 m2. Masjid ini terletak di pusat kota tepatnya di Jln. Bonang. Di dekat lokasi masjid terdapat makam Sunan Bonang. Selain itu, anda bisa melanjutkan perjalan untuk melihat koleksi wayang golek, wayang kulit, uang kuno, barongsai dan benda pubakala lainnya di Museum Kabang Putih yang berlokasi tak jauh dari masjid.

4. Goa Ngerong
Tempat wisata di Tuban ini berada di kaki bukit kapur tepatnya di Desa Regel, Kec. Regel. Yang menarik dari goa ini adalah untuk memasuki goa anda akan diantar menggunakan perahu karet dengan air jernih di bawahnya, ditambah lagi dengan pemandangan kura-kura putih serta aneka ikan. Selain itu, terdapat air terjun di kedalaman ± 1000 meter dan and akan disambut oleh ribuan kelelawar sebelum sampai di lokasi air terjun.

5. Pantai Cemara & Wisata Mangrove
Bersantai di tepi pantai dengan irama gulungan ombak yang khas ditambah dengan pohon cemara yang rindang, benar-benar akan membuat setiap pengunjung tak ingin beranjak dari tempat ini. Anda juga ingin merasakannya? Datang saja ke Desa Jenu, Kec. Jenu. Pantai ini masih di Tuban, sekitar 8 km dari pusat kota.

Selamat berkunjung ke tempat wisata di Tuban.