Pesona Keindahan Tempat Wisata di Sumedang

Jika mendengar kata Sumedang yang terbayang pertama kali mungkin tahu. Tapi bukan itu yang ingin dibahas kali ini, melainkan tempat wisata yang ada di Sumedang. Salah satu kota kecil di Jawa Barat ini mempunyai tempat wisata yang indah. Sangat disayangkan jika selama ini hanya anda jadikan sebagai tempat transit saja saat anda melakukan perjalanan dari Cirebon ke Bandung atau sebaliknya.

Pesona Keindahan Tempat Wisata di Sumedang

Nuansa hijau segar dan udara yang sejuk menjadikan berbagai tempat wisata yang ada di Sumedang banyak dikunjungi oleh mereka yang tinggal di kota besar. Mungkin anda juga ingin mencobanya dengan mengajak keluarga ataupun orang-orang terdekat yang lainnya. Berikut ini 5 diantara berbagai tempat wisata di Sumedang yang bisa anda pilih:

1. Wisata Gunung Kunci
Bagi anda yang jengah akan udara perkotaan yang dipenuhi polusi, dan mulai bosan dengan rutinitas yang melelahkan, tempat wisata di Sumedang ini sangat cocok untuk melepaskan stres. Lokasinya juga dekat, hanya berjarak sekitar 200 meter dari Alun-alun. Di Gunung Kunci ini tentunya anda akan dimanjakan dengan hamparan hijau dan sapuan udara segar ke seluruh tubuh anda yang menenangkan. Selain itu, terdapat Goa peninggalan Belanda yang dulu digunakan masyarakat Sumedang untuk benteng pertahanan.

2. Curug Sindulang
Curug yang sudah cukup terkenal ini kerap disebut juga dengan Curug Kembar. Curug Sindulang berada di perbatasan kabupaten Sumedang dan Bandung, mempunyai ketinggian air terjun kira-kira 30 meter. Anda dapat bersantai disekitaran air terjun sambil menikmati udara yang segar, dan membiarkan wajah anda terkena percikan air terjun.

3. Kampung Toga
Kampung Toga merupakan singkatan dari Kampung Tanaman Obat Keluarga. Kawasan ini ditumbuhi oleh banyak tanaman yang memiliki berbagai khasiat obat. Rempat wisata di Sumedang ini menyuguhkan suasana asri pedesaan dengan nuansa perbukitan. Dari atas kampung anda akan diperlihatkan sawah, sungai dan kebun khas parahyiangan. Ada banyak fasilitas yang disediakan, seperti bersepeda gunung, paralayang, outbound, kolam renang, arung jeram, hiking, memancing di danau buatan hingga vila.

4. Sumber Air Panas Sekarwangi
Wisata air panas ini terletak di Desa Sekarwangi, Kec. Buah Dua dan aksesnya mudah. Bahkan anda bisa menggunakan kendaraan umum. Pemandian air panas yang alami ini dapat meningkatkan stamina, menyegarkan dan membuat anda rileks.

5.Gunung Tampomas
Gunung yang berada di sebelah utara Sumedang ini memiliki ketinggian 1684 mdpl. Anda ingin mencoba mendaki gunung yang ada di Sumedang? Gunung Tamposan bisa menjadi pilihan. Tempat wisata di Sumedang ini merupakan hutan yang memiliki berbagai flora dan fauna. Terdapat 3 jalur pendakian yaitu jalur Buah Dua, jalur Narimbang dan jalur Ciebeurem. Akan menjadi kenikmatan tersendiri, saat anda menikmati keindahan kota Sumedang dari puncak gunung.

Demikian informasi beberapa tempat wisata di Sumedang. Semoga bermanfaat dan bisa menambah referensi untuk liburan anda.