Destinasi Tempat Wisata Terfavorit di Pontianak

Selain populer karena garis khatulistiwanya, Pontianak juga dilalui oleh 2 sungai yaitu dua sungai yaitu Sungai Landak serta Sungai Kapuas. Selain itu, Pontianak juga memiliki berbagai tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan. Di bawah ini beberapa tempat wisata di Pontianak yang menjadi favorit para wisatawan:

Destinasi Tempat Wisata Terfavorit di Pontianak

1. Pantai Pasir Panjang
Tempat ini berjarak 17 km dari Kota Singkawang atau lebih tepatnya di Kecamatan Tujuhbelas. Anda mungkin akan merasa tak ingin pulang, di Pantai ini anda akan melihat dasar laut karena airnya yang jernih juga kebiruan, serta memiliki pasir berwarna putih dan deretan pohon di sekitar melengkapi keidahannya. Anda tidak hanya bisa berduduk santai, tetapi anda bisa bermain voli, berselancar, berenang atau memancing. Fasilitas yang ada di tempat ini juga lengkap, terdapat hotel, restoran, cottage, restoran dan toko suvenir.

2. Sinka Island Park
Tempat wisata di Pontianak ini berada di Teluk Ma'jantuh, Singkawang. Tempat wisata ini menawarkan sebuah Kebun binatang mini bernama Sinka Zoo juga kolam renang dan pantai. Tiket masuk ke kebun binatang yang memiliki 62 species ini dikenakan biaya sebesar Rp.10.000. Dan apabila anda juga ingin menikmati pesona pantai anda bisa singgah ke Pantai Banjau dengan tiket masuk Rp. 20.000. Atau anda ingin mengunjungi sebuah pulau terkecil di dunia bernama Pulau Simping yang terdapat Klenteng. Anda tinggal menyeberang melalu jembatan kayu.

3. Tugu Khatulistiwa
Tugu yang kini menjadi kebanggaan Pontianak ini berjarak sekitar 3 km bila dari pusat kota. Terdiri dari 4 pilar kayu belian di bagian depan dan 2 pilar yang lebih tinggi di bagian belakang yang bertuliskan 'EVENAAR' di antara kedua pilar tersebut. Terdapat juga museum yang bisa memberi informasi bagi anda tentang garis imajinasi bumi. Jika anda ingin menyaksikan fenomena ketika semua benda tidak akan memiliki bayangan dengan posisi matahari tepat di atas garis khatulistiwa. Anda bisa datang ke Pontianak di tanggal 21 – 23 Maret atau tanggal 21 – 23 September.

4. Keraton Kadriah
Tempat wisata di Pontianak yang berlokasi di jalan Tritura ini dibangun oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie pada tahun 1771. Bangunannya terbuat dari kayu belian dengan warna kuning yang mendominasi. Kayu belian merupakan kayu yang ada di Kalimantan dan dikenal karena kekuatannya. Terdapat sebuah meriam peninggalan Jepang serta Portugis di halaman depan. Ketika memasuki keraton, anda akan melihat singgasana sultan juga permaisuri. Bukan hanya itu, terdapat juga koleksi foto, pakaian sultan dan berbagai koleksi milik sultan lainnya. Koleksi yang paling menarik pengunjung adalah Al Quran yang ditulis sendiri oleh sang Sultan.

5. Taman Alun-alun Kapuas
Selain sebagai jalur transportasi air, tepian sungai kapuas dimanfaatkan untuk taman rekreasi keluarga yang memiliki luas 3 hektar. Tempat wisata di Pontianak ini berada di depan kantor wali kota. Anda bisa menikmati suasana malam di Pontianak sambil menikmati kuliner di tempat ini.

Selamat berkunjung ke tempat wisata di Pontianak.